Jenis-jenis Pelayanan Pastoral

1 Oct

Menurut H. B. London dan Neil B. Wiseman dalam buku mereka yang berjudul ”Menikmati panggilan di Ladang-Nya” mengatakan bahwa: ”
1. Visiting/Visitasi
Panggilan dirumah-rumah anggota jemaat atau di tempat kerja mereka dalam suatu program sistematis untuk bertemu antara anggota yang satu dengan yang lainnya yang memilki kepentingan.
Hal ini akan terjadi apabila pelayanan sebagai pemimpin sukarela membantu dalam komunitas, hal ini menjadikan dunia lebih baik bagi anak-anak Allah.
Menurut Peter Wongso dalam bukunya“Teologi Penggembalaan” mengatakan sebagai berikut.
“Perkunjungan (Visitation)
a. Perkunjungan Rutin
Melakukan perkunjungan rutin sesuai dengan banyaknya-sedikitnya jemaat, yaitu setiap minggu atau dalam satu bulan sebanyak satu atau dua kali.
b. Perkunjungan Orang Sakit
Tahu penderita sakit apa, di rumah sakit atau di rumah, menjenguk dia, berdoa baginya dan member nasihat seperlunya; tetapi harus hati-hati dalam memperkenalkan obat atau dokter.
c. Perlawatan orang yang berkabung
d. Perkunjungan khusus
• Anggota baru
• Orang yang murtad
• Kelahiran seorang bayi
• Pasangan yang baru nikah
• Yang memperoleh hal-hal istimewa
• Perselisihan”
2. Teaching
Pengajaran merupakan konfirmasi kelas, perencanaan dan atau pengajaran kelas-kelas pengajar sekolah gereja, pengajar dalam kelas-kelas pendek atau blok sitem, dan lain-lain.
Kita diajar untuk melayani sebagai pemimpin dalam jemaat – pribadi dimana setiap individu dapat meminta saran dan bimbingan dalam segala aspek kehidupan dan pekerjaan dari jemaat.
3. Counseling
Konseling dengan pribadi-pribadi dan masalah rohani, dengan pasangan yang dilayani, dengan beberapa orang lain secara pribadi dan lain-lain.
Richard R Klein dalam bukunya, ”Growing Smaller Churches” mengatakan bahwa: ” counseling is for the church office.”
4. Administration
Melayani ”sebagai ”sekretaris eksekutif” dari jemaat, bekerja dengan komite-komite, membantu merencanakan program keuangan dalam gereja” , bekerja dengan komite atau sinode dalam merencanakan dan mengimplementasikan program, dan lain-lain.
5. Evangelism
Panggilan terhadap orang-orang diluar gereja dalam komunitas, menjadi saksi bagi Kabar Baik, panggilan bagi anggota baru, dan pelatihan untuk penginjil-penginjil. Menurut Ralph M. Riggs, dalam bukunya ”Gembala Sidang Yang Berhasil” mengatakan bahwa: ”semua orang Kristen diperintahkan oleh Tuhan melalui para rasulNya untuk pergi bersaksi, mengajar dan memberitakan Injil.”

6. A Leader among Leaders
Melayani dengan kepemimpinan sebagai bagian dari para pemimpin dalam jemaat, dimana mereka memilki karunia yang unik dan tanggung jawab yang spesifik.

One Response to “Jenis-jenis Pelayanan Pastoral”

  1. Andre October 1, 2009 at 4:56 pm #

    Wow… Awesome. Blog ini sangat memberkatiku. Semoga tetap terus berkarya. Banyakin lg ya tulisan tentang teologi so kita2 anak teologi bisa baca dan belajar hal-hal baru. Gbu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: